Kumpulan Puisi Mengharukan Dan Penuh Makna Terbaik Untuk Ibu

November 01, 2016
Kumpulan Puisi Mengharukan Dan Penuh Makna Terbaik Untuk Ibu-  Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang kumpulan puisi menyentuh dan mengharukan untuk para ibu tercinta dari kita semua.

Kenapa kami mengulas tentang puisi ini sebab ibu merupakan seseorang yang sangat tulus dan tanpa pamrih dalam memberikan segala kasih sayangnya pada sang anak dan tidak bisa terkalahkan oleh apapun juga.

Ibu telah mengandung calon buah hatinya selama 9 bulan dan selama itu juga ia menahan segala rasa sakit yang luar biasa bahkan ia rela sampai mengorbankan nyawanya demi sang bayi agar bisa hadir ke dalam dunia dengan selamat.

Tidak hanya sampai disitu, ibu juga yang telah merawat dan membesarkan kita sampai kita bisa menjadi seseorang yang sukses dan juga tumbuh sehat.

Dengan begitu, setidaknya kita bisa memberi sedikit penghargaan untuk para ibu dengan beberapa puisi yang akan ocidodo.net berikan berikut ini.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Menyentuh Hati Untuk Ayah Tercinta


Kumpulan Puisi Mengharukan  Untuk Ibu


1#. Satu Lembar Puisi Untuk Ibu

Dentang nafasmu menyeruak hari sampai senja menjelang
Tidak ada lelah menggores pada wajah cantikmu
Tidak ada sesal saat semua harus kau lewati
Langkah itu terus berjalan untuk kami
Bidadari - bidadari kecilmu…

Desah mimpimu berlari
mengejar bintang
Berharap kami menjadi mutiara terindah untukmu
Dalam semua peran yang kau mainkan di bumi
Ini peran terbaikmu

Dalam lelah kau tetap merangkai kata bijak untuk kami
Mengurai senyum di setiap perjalanan hidup kami
Mendera doa disetiap detik nafas kami
Ibu… kau berlian di hati kami

Relung hatimu begitu indah
Hingga kami tak sanggup menggapai dalamnya
Derai air matamu menguntai sebuah harap
Di setiap doa - doa yang kau lantunkan

Ibu…
Kami hanya ingin menjadi sebuah impian untukmu
Membawa semua mimpimu dalam pundak kami

Ibu…
Jangan kau benci pada kami
jika kami membuatmu menangis.



2#. Terima Kasih Ibu

IBU...rambutmu kini sudah mulai berubah menjadi putih
Kulitmu tak lagi kencang lagi
Penglihatanmu tidak lagi terang
Jalanmu kini sudah mulai goyang

Namun..apa yang terlihat
Semua itu tidak pernah engkau rasakan
Semua itu tidak pernah engkau pedulikan
Aku tahu, semua itu demi aku anakmu

Sepanjang jalan engkau mengais rejeki
Sepanjang waktu engkau berhitung
Berapa laba kau dapat hari ini
Tuk membayar semua letihmu

Engkau tidak lagi dapat membedakan
Mana siang, mana malam
Semangat mengalahkan gemetar dari kakimu
Dan segala rasa lelahmu

Ini semua...untuk siapa?
Hanya untuk anakmu
Anak yang engkau impikan menjadi orang hebat
Mencapai setumpuk asa

IBU...sampai kapanpun,
Anakmu tak kan pernah lupa
Atas semua jasa, do'a dan derita
Keringat yang engkau cucurkan

IBU...engkau sudah terlalu besar berkorban
Hanya surga yang pantas membayar tulusmu
Hanya Tuhan yang pantas menjagamu
Dunia dan akhirat...

IBU...
Anakmu kan selalu merindumu
Doa di setiap hembus nafas ini
Terima kasih...IBU, untuk semua ikhlasmu


3#. Doamu Ibu

Ibu...
Aku tahu...
Semua letihmu itu tulus
Dan...akupun tahu
Bukan sesuatu yang engkau ingin
Engkau tidak pernah inginkan apapun

Ibu...
Dulu engkau pernah berkata
Cepatlah besar anakku
Jadilah engkau orang besar
Yang membesarkan hati Ibu

Ibu...
Semua hebatku
Tidak akan pernah ada
Tanpa ikhlas dan pengorbananmu

Ibu...
Sabdamu adalah doa
Doa yang lantang terdengar
Dan pasti... didengar

Bukan gelimang harta untuk membalas
Bukan pula, tahta dan mahkota
Sujud dan bakti jualah
Harta yang sesungguhnya


4#. DOA UNTUK IBU

Aku tidak tahu apa yang harus kulakukan tanpa dia
Dia yang selalu mengerti aku
Dia yang tidak pernah Letih memberi ku nasihat
Dia yang selalu menemani

Dialah Ibu
Orang yang selalu ada menjaga ku
Tanpa dia aku merasa hampa hidup di dunia ini
Tanpa nya aku bukanlah siapa - siapa

Aku hanya seorang manusia Lemah
Yang membutuhkan kekuatan
Kekuatan cinta kasih dari sang ibu
Kekuatan yang Lebih dari apapun

Engkau sangat berharga bagiku
Walaupun engkau selalu marah padaku
Aku tahu
Itu bentuk perhatian dari mu
Itu menandakan kau peduli denganku

Ya Tuhan...
Berikanlah kesehatan pada ibuku
Panjangkanlah umur ibuku
Aku ingin membuatnya bahagia
Sebelum aku atau dia tiada

Terimakasih Ibu
Atas apa yang telah kau berikan padaku
Aku akan selalu menyayangimu selama - lamanya


5#. TANGISAN MATA BUNDA

Dalam Senyum mu kau sembunyikan letih mu
Derita siang dan malam menimpa mu
tidak satu detik pun menghentikan langkah mu
Untuk bisa Memberi harapan baru bagi ku

Segala cacian selalu menghampiri mu
sederet hinaan tak kau perdulikan mu
selalu kau teruskan langkah untuk masa depan ku
mencari harapan baru lagi bagi anak mu

Bukan setumpuk emas yang kau harap dalam kesuksesan ku
Bukan setumpuk uang yang kau minta dalam keberhasilan ku
Bukan juga sebatang perunggu dalam kemenangan ku
Namun keinginan hati mu membahagiakan aku

Dan yang selalu kau katakan pada ku
Aku menyayangi mu sekarang dan waktu aku tidak lagi bersama mu
Aku menyayangi mu anak ku dengan ketulusan hati ku


6#. JASA TAK TERLUPAKAN

Ibu...
kau membimbingku selama bertahun - tahun
kau begitu baik padaku walau aku sering marah tak karuan

Ibu....
kau begitu ceria dan rajin melebihi semua guru
ibu...
kau yang pintar,baik,ramah,cantik dan juga sopan

Ibu...
Jika aku berbuat kesalahan tolong maafkan aku
karena aku cuma kesal karena aku selalu diejek

Ibu...
Jika aku sedang sedih kau selalu menghibur aku
Jika aku sedang kesal kau selalu menghibur aku

Ibu...
Terimakasih atas semua jasa-jasamu
Jika aku masih bisa bertemu dengan ibu
Aku sangat ingin memeluk dan mencium ibu

7#. MALAIKAT DI DUNIA


Meski hari ini bukan hari ibu,,

Tetap akan aku ucapkan kata
I LOVE YOU MOM
Sebab engkau pelita dalam kegelapan ku

Dan karena engkau malaikat ku di dunia ini
Kasih mu,cinta mu,pelukan mu,dekapan mu
Bahkan kemarahan mu

Itu semua untuk kebaikan ku
I LOVE YOU MOM
Aku sayang mama
Sampai Kapanpun juga

8#. Perempuan - Perempuan Surgawi

Kutatap cakrawala penuh kecemburuan
Begitu leluasa aku melihatmu bermain dengan hujan saling berbagi kehangatan bersama mentari
Berbagi ketenangan dan keindahan bersama rembulan dan bintang
Ku baca seteguk air hujan di atap kamarku yang mengucur dari kesenyapan Angin cerminkan sapaan bidadari yang ku sembunyikan di balik tidurku

Desah keluhmu memberiku sebuah kesadaran
Betapa besar dan indah impianmu
Kau senyapkan aku dalam impian itu
Namun aku seperti tidak punya telingamu saat kau sampaikan itu padaku..
Aku seperti tidak punya mata saat kau mengajariku sikap yang mulya

Sampai air matamu menyadarkan aku…
Inilah saat yang tepat untuk ku kabulkan apa permintaanmu
Ku layani kau seperti yang kau inginkan
Yakinlah bila akan aku lakukan pengaduanmu pada kekabulan
Sebab saat ini air matamu menyadarkanku
Bahwa kau lah IBUKU dan aku adalah ANAKMU…


9#. BAIT SAJAK Untuk IBU

Tetes-tetes darah...keringat dan air matamu
Cukup sudah menorehkan
Prasasti-prasasti indah dalam hidupku
Menggenapi setiap celah ruang dan waktu

Ucapan doa tulus nan sederhana darimu
Juga ....keriput di kening untuk menata asa
Demi anak-anakmu
Telah menjadi saksi
Pada hamparan permadani indah beranda surga

Akhirnya.....
Maafkan bila belum sempurna baktiku untukmu
Saat renta usia menjemputmu....ibu, Maafkan kami anak-anakmu
Selamat jalan.....ibu
Merengkuh jalan panjang menuju surga
Tuhan Semesta Jagad Raya

Yakinlah suatu saat bersama takdir
Kita akan tersenyum bersama semerbak harum surga
Amien...


10#. BUNDAKU SAYANG

Bunda...
Engkau selalu ada untukku...
Menemaniku dalam suka dan duka..
Menemani hari-hari ceriaku...

Bunda...
Engkau selalu membimbingku..
Mengajariku untuk berahlak mulia..
Dalam keseharianku....

Bunda ...
Engkau bagai malaikat bagiku...
Engkau sahabat bagiku...
Ketulusan yang ada dalam dirimu....
Membuatku bangga pada dirimu

Bunda...
Aku selalu menyayangimu
Jasamu tak akan pernah bisa terbalas oleh ku...
Namun aku akan berusaha menjadi anak kebanggaan mu..


11#. BAGAI MALAIKAT TANPA SAYAP

Ibu..
Engkau inspirasiku..
Aku berkelena ke ujung dunia
Bayangmu selalu ada di sampingku
Secercah harapan darimu
Ku jadikan pedoman dalam setiap langkahku
Dalam doamu selalu kau sebut namaku
Kau tameng dalam hidupku
Kau penyemangat terbaik dalam hidupku
Kau bagai malaikat tanpa sayap untukku
Engkau segalanya untukku
Aku tanpamu bagai angin tanpa arah
Engkau bagai lautan samudera
Tempat mencurahkan segala kegundahan hati

Ibu...
Terimakasih atas kasih sayangmu
Terimakasih atas perjuanganmu
Terimakasih atas perhatianmu
Terimakasih atas setiap tetesan keringat yang tercurah untuk anakmu
Terimakasih atas pengorbananmu

Ibu..
Maafkan marahku
Maafkan keegoisanku
Maafkan kenakalanku
Maafkan aku atas airmatamu
Ibu.. engkau cahaya penerang dalam hidupku
Jika orang bertanya padaku siapa pahlawanku?
Jawabannya engkau ibuku


12#. SAATKU MENUTUP MATA

Saat ku menutup mata bunda...
Aku tidak ingin mata itu melihat ku dengan penuh air mata...
Saat ku menutup mata bunda...
Aku tidak ingin hati itu seakan tersayat...
Saat ku menutup mata bunda...
Aku ingin bibir itu tetap tersenyum...
Aku tidak ingin engkau terluka...
Bunda...
Mungkin ini adalah penglihatan yang sangat bagimu.......
Tapi aku tidak ingin melihat seakan tidak sanggup melepaskanku....
Bunda...
Aku hanya ingin engkau merelakan ku.....
Dan mengantarku pulang ke rumah ku dengan senyum mu...
Saat ku menutup mata bunda...
Aku ingin kau tau bahwa ku...
Menyayangimu...
Bahwa aku ...
Mencintai mu....
Aku bahagia bisa jadi anak mu....

13#. BUNDA, AKU RINDU KAU

Waktu itu...
Aku melihat senyummu di waktu pagi
Burung burung menyambut langkahku
Berkicau kicau mendesah sebuah nada yang indah
Oh bunda, kau cantik sekali di pagi ini

Teringat kenangan manis melambai lambai
Tak pernah kabur dari simpanan memoriku
Untaian kata lembut terngiang - ngiang dalam pikiranku
Oh bunda, Kau yang terindah

Terjatuh pikiranku lama tidak berjumpa
Sekian lama tidak tersentuh kabarmu
Maafkan bila tidak menyapa lebih dekat
Jauh nian diriku tidak melihatmu
Wajahmu di awan selalu terbayang olehku
Oh Tuhan, lindungilah ibuku

Maafkan daku,
Belum bisa terbang kesana..

Oh Bunda, Ku Rindu Kau


Demikian beberapa puisi indah untuk ibu yang sangat mengharukan dan penuh makna, semoga bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa membuat kita semua lebih menghargai ibu kita yang telah mengorbankan segalanya serta menyayangi kita sepenuh hatinya, terima kasih.